Pria Pertama di Dunia yang Hidup Tanpa Jantung

Pria Pertama di Dunia yang Hidup Tanpa Jantung¬†–¬†Jantung merupakan salah satu organ tubuh terpenting yang fungsinya sangat besar bagi kehidupan setiap manusia. Jantung berfungsi sebagai alat pemompa darah dan sebagai penanda kehidupan bagi seseorang. Bahkan setiap orang di dunia yakin bahwa jantung yang sudah tidak bekerja menandakan bahwa seseorang telah meninggal dunia. Namun hal tersebut tidak berlaku bagi Craig Lewis, yaitu pria pertama di dunia yang dapat bertahan hidup walaupun tanpa jantung di dalam tubuhnya. Bagaimana bisa?

Hal tersebut terjadi berkat pengobatan luar biasa dan spektakuler yang dilakukan oleh dua orang dokter yang berasal dari Texas, yaitu Dokter Billy Cohn dan juga Dokter Bud Frazier yang bekerja di Texas Heart Institute. Keduanya berhasil mengganti jantung Craig Lewis menggunakan alat pompa buatan yang berfungsi seperti jantung manusia. Jantung buatan tersebut mampu menyelamatkan nyawa Craig Lewis dari penyakit amyloidosis, yaitu sebuah penyakit yang membuat tubuh seseorang memproduksi protein secara abnormal. Produksi protein dalam tubuh yang tidak normal mengakibatkan protein yang dihasilkan akan memenuhi organ-organ tubuh sehingga organ tersebut berhenti bekerja.

Saat ini, bapak berusia 55 tahun tersebut dikenal sebagai manusia pertama di dunia yang dapat bertahan hidup tanpa jantung. Bahkan bukan hanya itu saja, Craig Lewis juga disebut sebagai orang pertama yang bisa hidup tanpa memiliki denyut nadi. Pasalnya, jantung buatan Dokter Billy Cohn dan juga Dokter Bud Frazier tersebut tidak berdetak layaknya jantung asli, namun hanya mampu memompa darah tanpa henti. Namun tetap saja selama alat ini dapat berfungsi, Lewis tetap hidup walaupun tidak memiliki detak jantung dan juga denyut nadi.

Namun yang dikhawatirkan adalah ketika Craig Lewis tiba-tiba pingsan dan orang yang menolongnya tidak mengetahui perihal riwayat kesehatan dari bapak tersebut, maka bisa saja Lewis langsung dipastikan telah meninggal karena tidak memiliki denyut nadi ataupun detak jantung. Padahal sebenarnya, ia masih hidup. Otomatis hal tersebut akan menimbulkan kekacauan di kamar mayat suatu rumah sakit jika tiba-tiba suatu saat ia terbangun.

Baca Juga : Ada Wanita Berusia 135 Tahun dan Masih Sehat? Ini Buktinya!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Informasi Unik Indonesia © 2017 Frontier Theme